Layanan darurat pencegahan bunuh diri di Indonesia, antara ada dan tiada
Menurut data dari World Health Organization pada tahun 2018, sebanyak 3,4 per 100.000 penduduk Indonesia mengakhiri hidupnya dengan melakukan bunuh diri. Angka tersebut memang terlihat rendah jika dibandingkan dengan negara besar seperti Amerika Serikat yang mencapai angka 15,3 per 100.000 penduduk. Namun, jika ditotal maka jumlah kasus bunuh diri di Indonesia mencapai ribuan kasus per tahun, bukan jumlah yang sedikit.
Layanan Darurat Pencegahan Bunuh Diri
Umumnya untuk mengatasi jumlah korban bunuh diri yang tinggi, setiap negara memiliki sebuah layanan darurat bagi mereka yang memiliki tendensi untuk melakukan bunuh diri. Di Amerika Serikat, salah satu layanan yang tersedia adalah National Suicide Prevention Lifeline, Sebuah layanan Hotline 24 jam yang, mengutip websitenya,
"provides free and confidential emotional support to people in suicidal crisis or emotional distress 24 hours a day, 7 days a week, across the United States."
Sayangnya, saat ini layanan serupa tidak tersedia di Indonesia. Sebelumnya, pada tahun 2010, Kementerian Kesehatan membuka sebuah layanan konseling bagi mereka yang bertendensi untuk melakukan bunuh diri yang disebut dengan ASA. Melalui layana tersebut, masyarakat diharapkan dapat menghubungi hotline (021) 500-545 jika mereka merasa ingin mengakhiri hidupnya. Pada tahun 2014, layanan tersebut dihentikan karena beberapa alasan seperti kecenderungan berkurangnya jumlah penelepon yang disebabkan oleh kurang gencarnya promosi yang dilakukan serta tenaga psikolog dan psikiater yang jumlahnya tidak banyak.
Tetapi, bukan berarti Indonesia tidak memiliki layanan konseling bagi mereka yang membutuhkan. Meskipun tidak seluruhnya menyediakan layanan 24 jam, beberapa layanan ini bersifat gratis dan dapat menjadi salah satu usaha bagi orang orang yang merasa ingin mengakhiri hidupnya.
Yayasan Pulih
Yayasan Pulih merupakan sebuah lembaga yang memfokuskan kegiatannya kepada penguatan masyarakat, dengan cara memberikan bimbingan konseling kepada mereka yang membutuhkan. Untuk mendaftar bimbingan konseling online oleh Yayasan Pulih silahkan klik disini. Untuk saat ini, Yayasan Pulih hanya melayani sepuluh orang per minggunya secara online karena keterbatasan jumlah tenaga kesehatannya.
Ibunda
Sama seperti Yayasan Pulih, Ibunda.id adalah sebuah lembaga yang memfokuskan pada bimbingan konseling. Bedanya, Jika Yayasan Pulih menerima bimbingan online melalui surel, Ibunda menggunakan platform yang lebih informal yaitu Line, sebuah aplikasi pesan singkat yang cukup populer di kalangan remaja. Untuk informasi lebih lengkap, pembaca dapat menuju ke website Ibunda dengan cara klik disini
Pijar Psikologi
Pijar Psikologi adalah sebuah website yang memberikan layanan konsultasi gratis dengan psikolog bagi mereka yang ceritanya ingin didengar. Setiap minggunya, Pijar Psikologi hanya melayani 20 orang, sehingga setiap orang harus melakukan booking terlebih dahulu untuk dapat berkonsltansi secara gratis. Untuk info lebih lanjut mengenai layanan ini, klik disini
Bagaimanapun juga, setiap layanan bimbingan konseling online tersebut bukanlah metode penyembuhan yang utama. Jika merasa diperlukan, pembaca dapat mencari info mengenai psikolog atau psikiater terdekat untuk melaksanakan terapi yang lebih intens.
Comments
Post a Comment