Phobia phobia unik yang mungkin tidak kamu ketahui

Pada dasarnya seseorang pastinya memiliki ketakutan akan sesuatu. Namun, beberapa orang mengalami ketakutan yang dapat dikatakan sebagai ketakutan yang tidak logis. Jika kamu merasa mempunyai ketakutan itu, mungkin saja kamu mengalami phobia. untuk mengetahui lebih dalam mengenai phobia dapat klik disini. Dalam artikel ini akan dibhasa phobia phobia yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya, namun ternyata ada.

1. Xanthophobia

Pengidap Xanthophobia memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap warna kuning, bahkan, dalam beberapa kasus, seseorang dengan Xanthophobia bisa berteriak-teriak hanya karena mendengar warna kuning. Kebanyakan, penderita Xanthophobia memiliki trauma dengan warna kuning pada masa kecil mereka.

2. Venustraphobia

Tidak ada cowok yang tidak menyukai cewek cantik. Namun, malang bagi cowok penderita Venustraphobia karena ia justru merasa takut terhadap perempuan cantik. Biasanya, fobia ini muncul karena ia mengalami trauma atau kejadian buruk yang melibatkan perempuan cantik.

3. Pentheraphobia

Penderita Pentheraphobia mengalami ketakutan berlebihan saat menghadapi ibu mertua mereka. Saat harus menghadapi ibu mertua, biasanya penderita fobia ini akan merasa cemas, takut dan mual karena merasa ia khawatir dirinya akan melakukan hal-hal yang memalukan.

4. Catoptrophobia

Penderita dari fobia ini takut terhadap cermin dan sebisa mungkin akan menghindari cermin. Ketakutan yang dialaminya biasanya akan dihubungkannya dengan kepercayaan tertentu. Ia merasa takut ketika bercermin karena merasa nasib buruk bisa menimpanya, bahkan ia merasakan ketakutan kalau ia terhisap dan terkurung ke dalam cermin.

5. Haphephobia

Penderita fobia ini akan merasa cemas, tak nyaman, mual, panik dan berkeringat kalau disentuh orang lain karena merasa ada pelanggaran ruang privasi. Meski cuma sekadar tepukan, ia bisa memberi respon negatif. Bisa jadi, penderita fobia ini pernah mengalami trauma seperti pelecehan atau kekerasan fisik. salah satu film yang terkenal dengan konsep fobia ini adalah "27 steps of may" karya Ravi Bharwani.

6. Ichthyphobia

Ikan adalah makanan yang kaya vitamin, tetapi penderita Ichthyphobia justru sangat ketakutan pada ikan. Ia takut saat melihat mata ikan yang sangat besar dan tubuh ikan yang berlendir dan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari laut ataupun santapan yang terbuat dari ikan.

Comments

Popular Posts