Psikologi dalam Film - Split


Split merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada 20 Januari tahun 2017 dan merupakan film kedua dari sebuah trilogi yang diberi judul Eastrail 177 trilogy. Film yang disutradarai oleh M. Night Shyamalan ini diperankan oleh James McAvoy yang berperan sebagai Kevin Wendell Crumb, seorang pemuda yang memiliki 24 kepribadian. Split sendiri mengisahkan mengenai penculikan tiga remaja wanita yang dilakukan oleh Kevin, seseorang dengan kelainan jiwa Dissociative Identity Disorder atau DID. Untuk informasi lebih lanjut mengenai DID dapat ditemui disini
Meskipun bergenre fiksi, gangguan kesehatan mental yang dialami oleh Kevin Wendell Crumb rupanya tidak sepenuhnya merupakan hasil imajinasi sang sutradara. Di dunia nyata sendiri, ada sebuah kasus penganiayaan dimana pelaku, Billy Milligan, adalah seseorang dengan kepribadian ganda yang jumlah kepribadiannnya mencapai 24 kepribadian. 
Di dalam film ini, Kevin memiliki 24 kepribadian yang diantaranya adalah Ms. Patricia, seorang wanita yang menjadi figur ibu bagi kepribadian lainnya, Hedwig, seorang anak laki laki yang sangat polos, Dennis, seseorang dengan OCD dan tergila gila dengan kebersihan, dan lain sebagainya. Namun dari semua kepribadian yang ditunjukkan Kevin dalam film Split maupun Glass, ada satu kepribadian bernama The beast yang menjadi satu satunya kepribadian yang bersifat fiksi dan tidak mungkin ada di dunia nyata karena dikisahkan, The beast memiliki kekuatan layaknya manusia super. 
Terlepas dari kemunculan dari The beast, film ini cukup menggambarkan seseorang yang memiliki kepribadian ganda dengan cukup baik dan James McAvoy, sang aktor, juga patut mendapatkan applaus karen berhasil menggambarkan setiap kepribadian dengan sangat bagus.

Comments

Popular Posts