Sigmund Freud dan Jasanya


Sigmund Freud adalah seorang psikolog yang terkenal akan teknik psikoanalisanya dan teori oedipus complex yang cukup kontroversial. Ia dilahirkan tahun 1856 di kota Freiberg yang kini terletak di Cekoslowakia. Ia merupakan anak dari Jacob Freud dan Amalia Freud serta merupakan ayah dari Anna Freud, yang nantinya juga akan berkecimpung di dunia psikologi seperti sang ayah. Pada akhir masa hidupnya, Sigmund Freud yang sudah berusia 82 tahun dan keturunan Yahudi itu dipaksa pergi ke London, Inggris karena harus menghindari kejaran tentara Nazi yang sedang memburu para kaum Yahudi di Eropa saat itu. Sigmud Freud kemudian meninggal pada tanggal 23 September 1939 di London, Inggris.

Pemikiran Freud

Freud mengembangkan teknik psikoanalisa sebagai suatu metode penyembuhan penyakit kejiwaan. Dia merumuskan teori tentang struktur pribadi manusia. Dia juga mengembangkan atau mempopulerkan teori psikologi yang bersangkutan dengan rasa cemas, mekanisme mempertahankan diri, ihwal pengkhitanan, rasa tertekan, sublimasi dan banyak lagi.

Tulisan-tulisannya menggugah kegairahan bidang teori psikologi. Banyak gagasannya yang kontroversial sehingga memancing perdebatan sengit sejak dilontarkannya.Freud mungkin paling terkenal dalam hal pengusulan gagasan bahwa gairah seksual yang tertekan sering menjadi penyebab penting dalam hal penyakit jiwa atau neurosis. Dia juga menunjukkan bahwa gairah seksual dan nafsu seksual bermula pada saat masa kanak-kanak dan bukannya pada saat dewasa.

Pendapat-pendapatnya di bidang psikologi sepenuhnya telah merevolusionerkan konsepsi kita tentang pikiran manusia, dan banyak gagasan serta istilah-istilahnya telah digunakan oleh umum-misalnya: ego, super ego, Oedipus complex dan kecenderungan hasrat mau mati.

Freud memang bukan psikolog pertama, dan dalam jangka panjang mungkin tidak akan dianggap orang yang gagasan-gagasannya sebagian besar mendekati kebenaran.

Namun, dia sudah jelas tokoh yang paling berpengaruh dan paling penting dalam perkembangan teori psikologi modern dan pandangan-pandangannya yang punya arti sangat besar di bidangnya menyuguhkan kepadanya hak untuk tercantum dalam urutan cukup tinggi dalam daftar buku  Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah.

Comments

Popular Posts