Bystander Effect

Apa itu Bystander Effect?

Bystander Effect terjadi disaat kehadiran orang lain membuat seseorang tidak ingin membantu dalam suatu situasi darurat seperti kecelakaan atau Bullying dengan alasan bahwa akan ada orang lain yang membantu. Semakin banyak junlah orang disana, maka semakin besar kemungkinan seseorang akan membantu orang lain yang sedang dalam masalah. Orang orang cenderung melakukan sesuatu jika terdapat sedikit saksi mata atau bahkan tidak ada saksi mata lain selain dia
Psikologis sosial Bibb Latane dan John Darley mempopulerkan istilah Bystander Effect setelah kejadian pembunuhan Kitty Genovese di New York City pada tahun 1964. Pada peristiwa itu, Kitty Genovese yang berumur 28 tahun ditikam hingga tewas didepan apartemennya. Pada saat itu, tetangganya tidak membantu Kitty ataupun menelpon polisi saat kejadian berlangsung. Latane dan Darley mengaitkan Bystander Effect dengan difussion of responsibility (kemungkinan saksi mata mengintervensi peristiwa semakin kecil jika ada sak si mata lain yang mungkin akan melakukan hal itu) dan infuensi sosial, dimana seorang individual akan melihat keadaan sekitar untuk memutuskan bagaimana ia harus bertindak.
Bagaimana cara menjadi active bystander
Kelumpuhan sosial dan perilaku yang digambarkan oleh bystander effect dapat dikurangi dengan kesadaran dan dalam beberapa kasus, pelatihan secara eksplisit. Sekolah menengah dan kampus mendorong siswa untuk berbicara ketika menyaksikan tindakan intimidasi atau potensi serangan kepada seseorang. Salah satu cara yang bisa dipraktekkan adalah bertindak seolah-olah seseorang adalah orang pertama atau satu-satunya yang menyaksikan suatu masalah. Seringkali ketika satu orang mengambil tindakan, bahkan hanya dengan berteriak, "Hei, apa yang terjadi?" atau "Polisi datang," orang lain mungkin berani mengambil tindakan juga. engamat aktif paling efektif ketika mereka menganggap bahwa mereka sendiri adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab; memberikan arahan kepada pengamat lain untuk membantu karena itu menjadi sangat penting.

Comments

Popular Posts