Mengenal Bermacam Tipe Kepribadian: Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert

Menurut Carl Gustav, Tipe kepribadian dibagi menjadi tiga macam, yaitu Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert

1. Introvert: sikap individu dengan pandangan subjektif dalam setiap memahami dan memandang kehidupan. Sehingga dalam kenyataanya, tipikal manusia yang memiliki karakter ini lebih suka bekerja sendiri. Mereka juga tampak pendiam karena memang menyukai suasana tenang dan selalu berpikir kedalam diri (reflektif). Intovert juga menggambarkan sebuah kepribadian orang yang selalu berpikir secara analitis dan mendalam. Bagi seorang introvert, suasana tanpa melibatkan interaksi yang terlalu banyak bersama orang lain adalah sesuatu yang didambakan. Tidak heran banyak yang beranggapan bahwa orang dengan kepribadian introvert adalah orang yang kurang ramah.

Ciri-ciri introvert: Pemikir, Pendiam, Suka menyendiri, Pemalu, Susah bergaul, Lebih suka bekerja sendiri, Lebih senang berinteraksi secara langsung dengan satu orang ( 1 on 1 interaction), Berpikir dulu baru berbicara atau melakukan, Suka berimajinasi, Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan, Lebih senang mengamati dalam sebuah interaksi, Tidak banyak bicara, tetapi senang mendengarkan cerita orang lain, Suka dengan kegiatan yang tenang misalnya membaca, memancing, bermain komputer dan bersantai.

2. Ekstrovert: merupakan inversi dari kepribadian introvert. Seseorang dengan karakter ini menyukai hal-hal yang melibatkan orang lain. Berada dalam komunitas dan aktivitas sosial merupakan hal yang menyenangkan bagi orang ekstrovert. Individu ini biasanya dikenal sebagai pribadi yang supel dan komunikatif. Mereka juga membuka dirinya dengan mudah bercerita kepada orang lain. Mereka ini mampu beradaptasi dengan mudah.

Ciri-ciri ekstrovert: Aktif, Senang bersama orang lain, Percaya diri, Suka beraktivitas, Suka bekerja kelompok, Mudah bergaul, Lebih senang berinteraksi dengan banyak orang, Mudah mengungkapkan perasaan melalui kata-kata, Berbicara atau melakukan dahulu baru berpikir, Lebih suka berpartisipasi dalam suatu interaksi, Lebih suka bercerita, dari pada mendengarkan orang yang bercerita, Senang dengan kegiatan yang banyak orang seperti jalan-jalan, nongkrong, berpesta dan pergi konser.

3. Ambivert: tipe ambivert adalah gabungan antara karakter intovert dan ekstrovert. Orang dengan kepribadian ini seringkali disalahpahami sebagai orang yang mudah sekali berubah-ubah (pendiriannya). Misalnya saja, seseorang dengan karakter ambivert akan terlihat nyaman dengan keramaian, namun juga ia dapat menemukan kesenangan dalam kesendiriannya. Ciri lainnya, mereka terkadang tampil sebagai orang yang banyak bicara, dan di lain waktu menunjukkan sikap yang pendiam. Ini dikarenakan tipe kepribadian ambivert menyesuaikan dirinya dengan siapa mereka berinteraksi. Jika mereka berhadapan dengan introvert, maka ia akan lebih aktif dan komunikatif. Begitu juga sebaliknya jika mereka berhadapan dengan ekstrovert, mereka cenderung memilih menjadi orang yang pasif.     

Comments

Popular Posts